PENGEMBANGAN ATMOSFER KEWIRAUSAHAAN PERGURUAN TINGGI

KAJIAN EMPIRIS SIKAP DAN MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MINAT BERWIRAUSAHA DI IIB DARMAJAYA

Abstract

IIB Darmajaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki perhatian khusus dalam pengembangan Kewirausahaan Kampus. Hal ini bisa dilihat dari visi dan misi perguruan tinggi IIB Darmajaya dan beberapa insiatif strategis yang telah diambil untuk pengembangan kewirausahaan, seperti memberlakukan 2 mata kuliah kewirausahaan, pembentukan inkubator bisnis dan teknologi, penyelenggaraan event-event kewirausahaan. Permasalahannya adalah apakah berbagai macam inisiatif strategis yang dituangkan ke dalam program-program wirausaha mampu menarik dan memotivasi mahasiswa IIB Darmajaya untuk aktif dalam dunia kewirausahaan? Studi ini berusaha untuk mengeksplorasi aktivitas pengembangan atmosfer kewirausahaan perguruan tinggi dengan mengambil studi kasus di IIB Darmajaya, kaitannya dengan pembentukan sikap dan motivasi mahasiswa untuk mengikuti aktivitas kewirausahaan dari program-program wirausaha yang telah disusun oleh IIB Darmajaya. Studi ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang diikutsertakan adalah 100 mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan kewirusahaan di IIB Darmajaya. diharapkan riset ini mampu menjadi dasar dalam mengembangkan program-program kewirausahaan dimasa depan sehingga dapat menciptakan atmosfer kewirausahaan yang kondusif di IIB Darmajaya.

Author Biography

Muhamad Ariza Eka Yusendra, Mr., Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

M. Ariza Eka Yusendra adalah dosen ilmu manajemen & bisnis yang memiliki kompetensi di Bidang pemasaran Digital, Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Teknologi dan ekonomi kreatif. Beliau juga sangat aktif di kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dimana 7 tahun berturut-turut mampu memenangkan hibah penelitian dan PkM RistekBrin dari berbagai macam skema program. 

How to Cite
RAHMAWATI, Lilla; YUSENDRA, Muhamad Ariza Eka. PENGEMBANGAN ATMOSFER KEWIRAUSAHAAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Gema, [S.l.], v. 11, n. 2 Septembe, p. 1890-1897, aug. 2021. ISSN 2775-636X. Available at: <https://ojs.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/317>. Date accessed: 02 oct. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.